https://search.google.com/search-console/removals?resource_id=https%3A%2F%2Fzetende.blogspot.com%2F

Wednesday, April 25, 2018

JANGAN LUPA ALAM JUGA HIDUP: Bisa ramah, marah dan bahkan murka

     


Banyak yang mengira, alam itu mati, yang tidak mampu merespon perlakuan manusia. Selama ini para pemodal yang biasanya berkolaborasi dengan pemegang monopoli kekuasaan, asyik mengeksploitasi alam. Mereka menimba keuntungan sebesar-besarnya, dan tanpa disadari telah menyisakan masalah bagi orang yang lemah.



Sejumlah alat yang digunakan untuk membakar lahan dan hutan di Kabupaten Siak



Mereka menyangka penggalian sumber daya alam bisa semena-mena. Alam dianggap tidak mereaksi ter­ha­dap apa yang manusia perbuat. Alam bukan ’barang mati.’ Alam ternyata ’hidup.’ Memberi reaksi terhadap ulah ma­nusia. Alam bisa bersahabat, tetapi alam juga bisa marah.

Di Indonesia telah memberi bukti dalam bentuk banjir dan tanah longsor, gelombang tsunami di Aceh, gempa bumi di Yogya­karta, me­nyu­sul di sepanjang pantai Pandanaran dan sekitarnya. Di Porong Sidoarjo lumpur menyembul tak kurang dari 65 ribu meter kubik per hari – sampai catatan ini ditulis tanpa satupun anak negeri sanggup menghentikannya.

Catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada awal tahun 2018 telah terjadi 438 kejadian bencana. Tanah longsor menjadi bencana yang paling mematikan. "Hingga bulan Februari telah terjadi 438 kejadian bencana," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Jumat (23/2/2018).

Alat-alat seperti inilah antara lain yang digunakan untuk membakar hutan
Jika kita cermati umumnya bencana adalah akibat ulah manusia. Sebut misalnya pembalakan liar (illegal logging) dan pembukaan lahan, termasuk industri ekstraktif yang tak terkendali terjadi di sejumlah negara. Di Indonesia, telah mengakibatkan tanah longsor, kemarau, dan banjir. Kasus pembakaran hutan yang terjadi di Indonesia bahkan sempat memojokkan Indonesia di mata dunia internasional sebagai penjahat lingkungan.

Kondisi DAS di Indonesia banyak yang semakin kritis. Debit air di sungai-sungai itu terdegradasi. Tidak kurang dari 52 sungai yang tersebar di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke konon memiliki debet yang berpotensi menimbulkan bencana kekeringan di musim kemarau dan banjir di musim hujan. Pendek kata alam yang ramah itu kemudian menjadi marah dan bahkan murka, yang bukan hanya mengancam dunia bisnis dan industri namun lebih dari itu mengancam keselamatan manusia.

Krisis lingkungan yang dihadapi Indonesia salah satu penyebabnya adalah praktik tata kelola hutan alam primer dan lahan gambut yang tidak responsif dalam pelestarian lingkungan dan pengurangan resiko bencana. Pengusahaan hutan dengan model tebang habis (land clearing) menjadi pangkal penyebab berkurangnya luas hutan dan berbuntut terjadinya krisis lingkungan dan tak ayal kemudian melahirkan bencana seperti kekeringan dan kebakaran hutan.

Indonesia tengah menghadapi krisis keberadaan hutan alam dan terancam oleh munculnya bencana ekologis akibat terdegradasinya hutan hujan tersebut. Dalam bulan April 2018 ini saja Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru setidaknya mendeteksi 20 titik panas (hotspot) yang tersebar di wilayah Provinsi Riau.

5 comments:

Unknown said...

P Budi Setiawan, Ketua MDMC ditautan facebook saya, begini catatannya:
Manusia ada yg bisa memaafkan ada yg tidak...
Alam itu obyektif..Kita berbuat baik...Alam membalas dg baik...kita berbuat buruk...alam membalas dg buruk

Unknown said...

Oleh karena itu rekomendasi nya berbuatlah baik kepada lingkungan, bersikaplah ramah terhadap lingkungan maka lingkungan akan berbuat baik dan ramah kepada kita.

Unknown said...

Berbagai Cerita Terorisme Dari Nusakambangan Dan Cerita Terupdate alasan di balik pemindahan 58 tahanan dan Cerita Panas yang Harus Anda Baca !!

Mari Bergabung Dengan Super Tangkas Yang memiliki Situs Terbaik Dalam Permain Bola Tangkas, Hanya Ada Di Super Tangkas Yang Bermain Fair Play..

*Tidak Perlu Download
*Hanya 2 Table Step
*Tidak Ada Lock Table/Player
*Pendaftaran Gampang dan Gratis
*Bonus Slot Machine dan Suprise Jackpot
*Fitur Spesial Gratis Membuka Satu Kartu Tertutup Setiap 20 Putaran
*Minimal Deposit dan Withdraw hanya 10.000
*Settingan Darat Terbaik " Fair Play "
*Proses Deposit dan WIthdraw Cepat Hanya 3 menit
*Transaksi Bank : Mandiri - BCA - BRI - BNI

Kontak customer service kami :

Pin BBM: DB58F50C
LINE ID : st838
WeChat ID : initangkas
WhatsAPP ID : +6287871055912
YM: super_tangkas1@yahoo.com
Link Alternatif : https://supertangkas.online/ | https://supertangkas.co/ | http://st838.com/ | http://initangkas.com/

Unknown said...

https://duniablogger999.blogspot.com/2018/05/berita-terbaru-rutan-gunung-sindur.html

moris said...

Yakin anda selalu tidak hoki?? Kami tantang anda yang merasa selalu tidak hoki... Kami yakin tidak ada orang yang tidak hoki...disini akan kami adu hoki anda dengan hoki pemain lain...

Kami yakin anda lebih hoki bersama kami..!! sudah terbukti....


Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662